Lima



Lima

                Gak lama sesudah gua mikirin si rinda gua mau ngobrol sama si rinda
“eh rin lo nyaman jalan sama gua?” tanya gua
“ nyaman2 aja sih vin kenapa?” sahut si rinda
“ lo mau jadi orang yang berpengaruh di hidup gua?” tanya gua
“ hah? Maksdut lo?” tanya balik si rinda
“ iya jadi pacar gua rin?” tanya gua
“ lo yakin vin kita beda presepsi soal kopi, lo suka dan gila di single origin dan gua fokus di latte art?” sahut si rinda
“ presepsi kopi kan bisa di pelajari lagi rin, toh lo tau gimana gua kan?” sahut gua
“ bikin robusta buat gua dulu baru nanti gua jawab” sahut rinda smbil senyum kecil.

                Gua pun mikir apa hubungan nya si rinda sama robusta bikinan gua?
Gua tau kopi bisa mengutarakan perasaan kita tapi robusta?
So gua akan bikin kopi robusta yang menurut gua enak,aroma pas dan melekat di lidah.
Dan gua masih bingung gimana sih cara nya buat kopi yang pas?
“lo kenapa vin keliatan bingung gitu?” sahut si rinda
“ gua nggak bisa bikin apa yang gua mau rin robusta nya nggak cocok menurut gua” jawab gua
“ lo kalok bikin kopi apa yang menurut lo enak dan pas belum tentu menurut orang lain itu nggak enak vin.” Jawab si rinda
“ lo mau coba rin? Kalok mau coba tuh minum” gua sodorin kopi
Nah gua nunggu saat-saat ada orang lain cobain kopi bikinan gua.
Karna menurut gua kopi yang sempurna itu aroma,rasa,dan waktu kita menikmati nya itu enak dan pas.
Sama hal nya kita memilih pasangan lah kita pasti akan mencari yang pas dan cocok dan tidak asal-asalan saja kan kalau kita asal saja gimana rasanya? Nggak enak kan (jangan baper)
Baper ya menurut gua sih kalimat itu (baper) itu kalau gua nggak bisa nemuin hal yang gua cari (bukan karena pacar)
Ngomong-ngomong soal pacar gua ungkapin perasaan ke si rinda belum dijawab?
 Bukan karena dia cantik karna sikap kita ke yang namanya kopi itu hampir dikatakan sama.
Contoh deh “lo suka sama cewek dan cewek yang lo suka itu juga sama kaya lo suka ke dia”.
Dan gua liat si rinda bikin latte art aja udah puas dalam arti gua puas itu dia peka apa yang namanya foam untuk bikin gambar nya.
“ lo istimewa banget rin bisa bikin latte art sempurna kaya gitu?” sahut gua
“ah lo vin muji gua mulu, ngomong2 soal kopi bikinan lo menurut gua rasa nya kurang strong”sahut rinda
“eh bener kan gua bilang apa belum sempurna rin robusta gua.” Jawab gua
”vin kalok lo cari yang sempurna bagaikan lo dapet bidadari yang jatuh dari langit” sahut si rinda
“filosofi lo rin tinggi banget” sahut gua sambil senyum.
 Dan setelah gua ngobrol sama si rinda nggak sengaja gua lihat si tito sama si mella jalan bareng?
Gua mikir apa mereka jadian? Atau Cuma jalan bareng?
Gua sih nggak peduli mereka jadian iya gua syukur aja lah kalok Cuma jalan bareng it’s ok lah.
Itu sih urusan mereka bukan urusan gua.
Urusan gua itu kalau menyangkut kedai and then masalah perasaan itu urusan mereka.
Setelah gua mikir kayak gitu pandangan gua langsung beralih di Bar.
Gua masih mikir mau bikin kopi robusta kayak gimana lagi?, apa ganti biji kopi yang lain?
Gua perfect di kopi ‘TUBRUK’ buat masalah latte art itu sih urusan si rinda kita ada dalam bidang kita masing-masing.
Setelah gua mikir-mikir tadi kenapa gua nggak main aja di kedai sebrang situ?
Gua langsung ajak si rinda.
“eh rin ikut gua yuk ngopi di depan sono” ajak gua
“loh lo nggak bikin kopi lagi udah nyerah?” tanya si rinda
“kagak rin gua mau ke kedai ya pak surno” sahut gua
“ mau ngapain lo? “ tanya si rinda
“ udah lo ikut gua aja yuk” jawab gua
                Gua sama si rinda langsung jalan ke tempat pak surno dan gua berharap pak surno ada disana.
Gua mau tanya yang menurut beliau robusta yang enak itu gimana?, gua tanya itu bukan karna apa.
Karna gua nggak bisa bedain yang sempurna sama yang ‘ISTIMEWA’ itu yang gimana (maklum masih barista awal)
Sesudah gua sampai di kedai pak surno pemandangan disitu tertuju di Bar.
                “bar pak surno ada?” sahut gua e barista
“oh bapak ya, lagi di luar kota vin” sahut si barista
“wah gitu ya, ok bikinin gua 2 robusta ya bar” sahut gua

Apa salah gua juga ya? Datang nggak bilang2 dulu ke pak surno?

Dan saat itu gua merhatiin si rinda.
Kenapa pertanyan gua yang tadi belum di jawab? Apa ada yang salah sama gua?
Gua langsung nyolek si rinda “rin lo kenapa?” sahut omongan gua
“ha? Apa nya vin?” jawab si rinda
“iya kenapa lo gak jawab pertanyaan gua yang tadi?” tanya gua
“lo kenapa sih vin? Kok bilang gitu ke gua tadi?” tanya sih rinda
“ya gua kita ngerasa sama2 suka kopi knapa nggak? Impian kita hampir sama kan?” sahut gua
“yap, iya gua terima lo karena gua udah nyaman sama lo sekitar 3tahunan.” Jawab si rinda

                Dan sekarang gua udah nggak jomblo lagi (yang lagi single plis jangan baper)
Yah kalau kita ngerasa cocok kenapa nggak di ungkapin?
Walaupun kalian perempuan masalah hati adalah yang paling sensitif, kalau gebetan lo gak peka (cowok) lo (cewek) langsung bilang aja gak papa gak ada hukumnya cewek ungkapin duluan perasaan nya ke si cowok (jangan gedein gengsi)
Gua bilang kaya gitu karna kalau kita memaksakan perasaan tidak akan bisa.
Contoh yang paling gampang adalah lo bukan barista dan lo mau bikin latte art? Gak akan bisa.
Karna semuanya adalah tahapan demi tahap seperti hal nya lo mencintai pasangan lo atau gebetan lo.

                Setelah si rinda nerima gua kopi gua pun datang, dan seumur-umur gua belum pernah nyobain robusta yang ada di kedai ini apa rasa nya akan sempurna atau masih ada yang kurang?
Dan ternyata perasaan gua sama rinda soal kopi ini beda.

                “gimana vin menurut lo?, menurut gua ini kurang kena di lidah gua” jawab si rinda
“menurut gua rin ini pas Cuma aroma sama di tetes terakirnya kurang” sahut gua
“ mungkin kita cocok vin” sahut rinda sambil senyum
                Yap menurut gua pun juga demikian.
Kalau kita cocok kenapa nggak?, setiap orang itu seperti tetesan kopi.
Maksud gua punya rasa dan aroma sendiri tidak harus sama karna hal yang sama itu tidak akan mungkin ada di dunia ini. (kecuali tuhan menciptakan nya)
Yap karna yang ada di dunia ini sudah diatur sama yang mahakuasa tapi “KOPI” gua yang ngatur

                Setelah gua dari kedai pak surno gua langsung jalan pulang dan gua nggak sengaja ketemu si tito? Dan tito pun ngeliat gua dengan sapaan yang begitu keras nya.
    “heh vin lo darimana gua tadi dari kedai lo, terus kapan lo mau buka kedai itu?” tanya si tito
“ oh dari kedai depan tuh to, enak nya kapan ya? Lo bisa telfon si mella? Suruh ke kedai gua sekarang” sahut gua panik
“hah sekarang vin? Lo gak papa kan?” tanya si rinda
“gak papa kok rin sekalian gua mau bikin robusta gua gak mau nyerah sampai sini aja”sahut gua
  Dan si tito sama si rinda pun tersenyum tipis? Apa salah gua bilang gitu?
Kopi menurut gua hal yang terpenting selain ortu gua.
Yap kopi bisa merubah sifat seseorang dlam arti merubah sikap seseorang itu.
Kopi bisa melontarkan apa yang ada di dalam hati kita selagi kita tidak bisa bercerita kepada oranglain dan kopi bisa menggantikan rasa itu (kalau kau bisa merasakan nya)
                Sesampai gua sama si rinda dan tito di kedai,gua sempat mikir mau di apain lagi nih kedai gua?biar peminat nya ada?
Pas gua mikir gitu si tito mandangin gua dan..
“ lo kenapa bos lamun gitu?” tanya si tito
“ bos bos pala lo to panggil vin aja, gua lagi mikir soal konsep kedai kita ini to lo ada ide” sahut gua
“wah kalok gua sih nurut lo aja bos” jawab tito
“ah lo to manggil bos lagi awas lo kita ini temen dari dulu bro” sahut gua sambil ketawa
“eh vin gua gak pernah liat lo ketawa lepas gini deh 4 tahun yang lalu?” tanya si rinda
“ eh lo merhatiin banget kalok soal calvin rin? Lo kayak pacarnya aja.” Sahut tito
“emang dia pacar gua dodol” sahut gua sambil ketawa
“ha serius lo? Gila kapan emang? Kok gua gak tau?” jawab tito kaget
“barusan tadi to lo ah cerewet aja, tuh mella udah dateng ke dalem aja” sahut gua

                And sesampai mella datang gua tanpa basa basi langsung berada di bar dimana itu tempat gua sama si rinda.
Dan gua suruh si tito sama rinda duduk dan cobain kopi gua.
 Tapi gua mikir kenapa gua kok tertuju sama yang namanya robusta?
karna menurut gua komposisi robusta susah buat gua dan gua pengen banget sempurnain itu.
Dan kata sempurna itu menurut gua saat gua bisa bikin robusta yang pas menurut gua.

                Dan saat gua mikir soal kopi gua pun ada fikiran mau buka kedai ini untuk pekan depan?
“eh gua mau buka kedai nya pekan depan gimana?” tanya gua
“eh lo yakin vin?” sahut si mella
“iya gua yakin soalnya kita udah kelamaan buat mikir ini dan itu” jawab gua
“ok gua sih ikut lo aja vin, pasang surut nya kan tinggal kita nya gimana sama kedai ini juga” sahut si rinda
“yap sekarang lo balik aja kerumah lo masing2 gua mau bikin sesuatu buat besok, sama si rinda tinggal disini dulu bisa?” sahut gua
“Cuma si rinda vin?” tanya si mella
“ iya mel Cuma dia yang faham” sahut gua
“yoi vin, gua sama si mella balik duluan ya” sahut si tito
Yap sekarang tinggal gua sama si rinda di kedai, gua mikir soal kopi buatan gua dan si rinda lagi liatin sisi kedai gua dari luar? Menurut gua apa ada yang salah sama kedai gua?
Yap dan gua tanya si rinda “lo kenapa rin ngeliat kedai gua sampai segitunya?”sahut gua
“oh ini vin gua mikir aja mau di apain kedai lo” jawab si rinda
”eh iya namanya tetep coffe shop atau ganti?” tanya gua
“tetep aja vin karna di kedai ini bakal ada kisah2 lo” sahut si rinda
“ha gua?” sahut gua
“ iya kisah2 lo vin sama temen2 lo itu” jawab si rinda
“bukan kisah kita rin?” sahut gua sambil senyum ke rinda
“apa an  lo vin,jangan bikin gua baper” jawab si rinda malu
“eh lo baper sama gua?”tanya gua
“kagak vin tuh wafer bukan baper, telinga lo tuh perlu di bersiin” jawab si rinda samil ketawa
“yaudah lo mau balik sekarang apa nanti?”tanya gua
“gua pulang dulu ya vin” sahut si rinda sambil balik

                Yap dan si rinda pun ikutan balik.
Gua masih kepikiran sama tantangan nya pak surno waktu itu? Karna sampai sekarang gua belum bisa dapetin robusta yang pas.
Sampai rumah pun waktu gua makan masih kepikiran soal kata-kata pak surno.
Toh tawaran pak surno juga bisa buat kedai gua lebih maju.
Gua mikirin si pak surno nggak kelar-kelar toh ya masih lama juga?
                Masih ada waktu buat bikin robusta yang gua belum pernah rasain
Dan itu pun gak gampang kan, (iya kalok lo ngerti pacarmu jalan sama cowok lain langsung putusin?)
Itu namanya lo mau bikin kopi sachet terus lo buang.
Yang bener namanya kopi itu bisa dinikmatin kaya lo jalan sama orang yang lo suka dan nyaman lo sama dia(nah rasanya bakalan beda)
Menurut gua lo pacaran dan pacar lo paham sama sikap lo nah itu menurut gua jalin hubungan yang bener-bener baik.
Nah lo ngapain gua mikir gebetan?
Ngomong-ngomong soal kopi gua belum ada ide buat robusta lagi.

                Saat gua sampai dirumah gua pun ngobrol sama orangtua gua
“pa ada waktu? Calvin mau ngobrol soal kedai”sahut gua
“ ada vin tapi gak bisa lama2 ya?, kenapa soal kedai mu?” tanya papa
“gini pa Calvin bingung mau di isi apa itu kedai nya, si rinda temen calvin mau nya isinya ada latte nya tapi calvin mau nya Cuma single origin doang” jawab gua
“nah itu berarti kamu harus coba percaya sama temen kamu itu vin jangan bertindak gegabah juga “jawab papa
                Nah setelah gua ngobrol sama papa gua.
Gua kepikiran sama satu metode kopi yang jawang dirasain sama orang “KALITA wave”

                Sekarang gua kaya orang gila yang masih mikirin soal kopi dan kopi hmm gua gua juga bingung kok bisa gua suka yan namanya kopi?
Ya menurut gua seni kopi itu unik dan dibilang susah juga buat melajarin nya.
Dan gua pun melajarin seni itu bisa dibilang cukup lama juga.
Dan kalian bilang kopi itu Cuma gitu-gitu aja? Fikir lagi deh guys
Kalok kalian udah tau rasanya nikmatin kopi itu gimana gua bisa jamin lo bakalan terus-terusan cari kopi yang menurut kalian itu enak.
Dan kopi bisa jadi “TEMAN”kenapa gua bilang gini karna menurut gua kopi itu bisa tau perasaan kita (gua udah jelasin di atas)
Untuk kalian yang baru mengenal kopi “kopi hanyalah serbuk hitam” bener gak omongan gua?
itu menurut lo yang baru tau yang namanya kopi, tapi menurut gua itu “SALAH”
Lo bilang kopi hanyalah serbuk hitam? Menurut gua “ kopi masuk dalam sastra wangi, kita bisa mencium aroma biji kopi dan merasakan nya melalui lidah “kalau lo minum”)
Ada juga yang bilang “kopi rasa nya seperti berkarat?” kok bisa lo bilang seperti itu?
Kopi rasa nya seperti berkarat? Kopi bisa berasa seperti itu berarti biji kopi bisa saja gosong.
Dan kalian masih tanya apa itu rasa nya kopi?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

prolog