sepuluh




Sepuluh
Kopi menurut anda kalian atau pun kamu kopi yang enak itu yang bagaimana sih?
Apa yang manis? Asam? Atau pahit? Kalau manis kaya kamu manis banget “kan baper kan”
Kopi pahit? Kaya hidup mu yang suram yang susah dapat pekerjaan jodoh dan lain-lain “move on bro move on”
Kopi asam? Nah ini bener-bener kopi rasanya aroma kenikmatan nya yang sama sekali berbeda dari kopi pasar “tapi rasa ku ke kamu enggak pasaran kok”
Dan kalian tau secangkir kopi juga bisa merubah perasaan seseorang.
Contoh saja lu kalau suka sama satu orang perempuan bakal lu kejar sampai dapat kan? Walaupun harus merubah sikap sedemikian rupa?
Contoh saja “ seseorang tidak akan pernah Merokok sebelum dia mencoba nya”
Dan setelah dia mencoba nya pasti akan mencoba nya lagi sama dengan kopi lo mencoba kopi satu cangkir saja dan lo merasakan itu nikmat pasti akan mencoba nya lagi.
Karena ya itu ketertarikan dan rasa ingin tau semakin besar.
Ya seperti yang gua jelasin tadi “ketika lo tertarik pada satu barang atau perempuan pasti lo akan mencoba atau mengejar hal tersebut” yah dalam artian mengejar kayak gua sekarang lagi ngejar untuk kopi robusta yang pas itu gimana? Pakai biji jember atau yang lain?
“kopi kita bisa ganti-ganti atau pilih yang mana saja tapi untuk hati gua Cuma pilih kamu kok”
Kalau ganti-ganti biji kopi kan kita bisa menambah pengetahuan soal kopi dan enak?
La kalau kita ganti-ganti gebetan atau pasangan? Di gampar bisa-bisa.

Yap sekarang gua pengen kasih tau ke si mella,rinda tito kopi yang enak itu gimana tapi berhubung mereka gua telfon gak diangkat gua chat gak di jawab ya sudah gua langsung ke kedai gua dulu “kedai gua Cuma sebatas warung seduh kopi”
            Setelah gua keluar dari rumah ada satu orang yang mondar mandir gak jelas di depan rumah ya gua langsung mikir negatif lah kira nya dia maling kan?
“lo siapa? Mau maling ya? Kok bawa karung gitu?” sahut gua
“eh bukan mas saya teman nya mbak mella ini rumah mas calvin ya? Saya Tama mas” sahut pak tama”
“oh mari pak langsung ke kedai saja sekalian dicoba juga kopi dari anda” sahut gua

            Gua sempat kaget juga ternyata si mella punya kenalan pemasok kopi juga
Gua sampai geleng-geleng kepala jarang juga ada barista perempuan yang membidangi latte art dan juga mempunyai kenalan seorang petani kopi? Tapi dari mana si mella kenal bapak tama ini? Sama siapa juga dia ke bapak tama ini?
Setelah gua sama pak tama sampai di depan kedai pak tama berkata “wah ini baru kedai kopi orang masuk kesini hanya untuk ngopi dan ngobrol”
“ah pak tama bisa aja mari pak masuk” ujar gua
“iya nak ini kopi nya mau langsung di coba atau gimana?” sahut pak tama
“ sebentar pak saya mau ngobrol dulu sama pak tama boleh? Bapak tidak keberatan?” ujar gua
“ silahkan nak” sahut pak tama
“gini pak rinda menemui bapak itu kapan dan dengan siapa ya? Tanya gua
“aslinya bapak tidak boleh bilang loh, nak rinda ke tempat bapak itu dengan dua anak muda yang namanya mella dan tito nak calvin” jawab pak tama
“ bapak yakin? Yang tito itu agak gemuk? Dan mella paras nya cantik? Jawab gua
“iya nak memang kenapa nak?” sahut pak tama
“ oh gpp pak ini robusta semua pak?” tanya gua
“oh ini ada jember nak sama wonosalam robusta nya yang lain nya juga ada aceh gayo dan bali kintamani” jawab pak tama
“wah pas ada robusta pasti gua bisa kelarin tantangan pak surno” gumam gua
“maaf nak calvin pak surno yang punya kedai seberang itu ya?” tanya pak tama
“iya pak loh bapak kenal?” sahut gua
“ tantangan nya robusta nak? Dia itu belum bisa menemukn robusta yang cocok dari tangan barista mana pun dari biji dan dijadikan kopi itu dia sangat teliti jadi usul saya nak calvin harus benar-benar teliti dalam hal tersebut” jawab pak tama

            Enggak lama setelah itu si tiga orang yang gua cari tadi datang ke kedai
Gua pun langsung narik mereka buat  duduk bareng pak tama.

“ lo tau pak surno itu siapa?” sahut gua serius
“kagak tau lah kan yang buat tantangan lo jadi kita cuman ngikutin lo doang vin” jawab tito
“gua tau sejarah nya pak surno baru” ini vin dia penggila robusta dan dia sangat teliti kita dengan biji apa dan cara pembuatan robusta dengan metode apa jadi lo kalau mau mundur kita bakal malu sebagai barista” sahut mella
“gila sumpah ini bikin otak gua panas” sahut gua
“gpp nak coba saja paia jember itu, nah bapak balik dulu ya” sahut tama
“ ya pak” sahut gua
Setelah gua mikir dan mikir.

            “to,mel.ri” teriak gua
“apa an?” sepontan mereka jawab barengan”
“ gua ada ide, siap-siap kita buka kedai sekarang” sahut gua
“lo yakin? Gila lo vin” sahut si rinda
“gua emang gila, yang lu butuhin sekarang biar di belanjain si mella” sahut gua
“mel lo belanja untuk keperluan dapur uang ada di laci dan lo to bantuin rinda bawa belanjaan biar kurusan dikit” sahut gua
“gua sih mau mau aja vin tapi lo gak usah bilang kurus kurus segala lah bangke lo” sahut tito

            Mereka berdua langsung keluar dari kedai dan menuju pasar atau mini market terdekat.
Memang gila sih planing nya buka lusa dan gua mutusin buka sekarang?
Memang pilihan ada ditangan kita dan kita mau maju atau enggak itu terserah kita juga kok.
”kalau maju mundur cantik cantik itu kan princess syahrini”
Ya segala nya bukan hanya untuk kopi juga dan segala nya itu untuk masa depan gua dan sahabat-sahabat gua
Ya setelah gua nunggu si mella dan tito lumayan lama gua kepikiran untuk bikin menu minuman yang baru padahal untuk menu minuman ice bukan jatah gua itu jatah nya si rinda tapi gua penasaran untuk bikin menu minuman yang baru.
Dan gua Cuma melirik si rindadan dia pun sudah paham apa yang ada di otak gua/

“lo kenapa vin? Liatin gua kaya gitu? Ada ide buat nambahin ke menu kedai? Coba bilang” sahut si rinda
“ iya rin gua mau nambahin menu ke kedai kita bahan utama nya kita pakai ice sama susu” sahut gua
“ terus lo mau buat apa an? Jangan bilang belum ada ide buat itu? Sahut rinda sambil senyum kecil
“iya belum ada rin lo bikin aja ya kreasi lo aja ok? Gua mau nata nih kopi dulu” sahut gua sambil nata biji kopi

Enggak lama kemudian si tito sama mella datang membawa bahan untuk buka kedai dan gua juga nggak habis fikir harus buka kedai secepat ini juga.
 Dan dari ceritanya pak tama juga gua berani senekat ini untuk buka kedai nya.
Dari cerita tersebut pun gua juga sempat emosi mendengar nya.

            Namanya juga manusia kan pasti nanti gua ada khilaf nya contoh nya aja ini gua buru-buru buka kedai dikarenakan emosi gua dan nanti pasti ada kesalahan yang fatal.
Quotes “setiap manusia mempunyai perasaan,emosi yang dangkal” kenapa gua bilang demikian contoh deh lo seorang fotografer dan baper sama model lo sendiri gimana tuh?”
Perasaan setiap barista mencintai kopi meraskan kpi dan mencium kopi itu berbeda-beda tidak semua nya sama.
Sama hal nya kita seorang anak yang mencintai seorang ibu.
Kopi sama hal nya seperti ibu, mereka bisa tau perasaan kita dan memahami kita tapi sebagai penikmat kopi dan pecinta kopi gua atau kita belum bisa memahami dan menikmati nya dengan sepenuh hati.
“jangan Cuma pacaran yang sepenuh hati”


Komentar

Postingan populer dari blog ini

prolog