Empat



Empat.
               
                Kedai tempat usaha gua pun sudah buka wow gimana bahagia nya gua.
Dan gua masih mikir gimana caranya buat bikin kopi yang pas menurut gua?
Apa gua nggak bisa bikin kopi yang pas menurut lidah gua?
Saat gua mau coba bikin kopi dengan metode gua ada salah satu pelanggan gua liatin gua dengan tampang serius.
“mas nya pakai kopi apa ya?” sahut si pelanggan
“ saya pakai red honney pak” jawab gua
“ kalau berminat anda saya kasih tantangan untuk membuat kopi dengan metode robusta mau” jawab si pelanggan
“ taruhan nya apa ya pak?” jawab gua
“taruhan nya ada 250 juta mas berminat?” jawab si pelanggan
“ nama bapak siapa ya saya kok masih belum yakin dengan omongan bapak ini?” jawab gua
“ oh mohon maaf mas saya pemilik kedai kopi yang biasa anda datangin, bapar surno saya” jawab pak surno
“ wah mohon maaf pak saya kurang tau pemiliknya bapak, Ya pak saya berminat” jawab gua tegas
“ok saya tunggu” jawab pak surno
 Dan waktu itu pun gua mikir, gua terlalu mikirin untuk bikin kopi yang paling nikmat menurut gua dan bukan merunut orang lain.
Dan robusta menurut gua kopi yang komposisi nya harus pas dan nggak asal bikin.
 Setelah gua mikir gimana gua harus mulai nya.
Gua bakal mulai dengan mertaruhin posisi gua jadi BARISTA karna menurut gua kalau kopi nggak sempurna ngapain gua jadi barista? Sia-sia dong.
Toh kita jadi barista nggak asal-asalah bikin kopi dan latte art disitu kreatifitas harus ada.
Contoh latte art kita seperti melukis tapi bedanya itu di cangkir dan dari biji kopi kita bisa mencium aroma dan merasakan kenikmatan dari biji kopi nya.
 And then setelah gua nggak berhasil mikir ini sendirian gua bakal minta tolong ke si rinda dia kadang-kadang bisa buat rundingan walaupun ending nya nggak sebagus yang gua harapkan.
 Gua pun langsung kerumahnya si rinda tanpa buat janji sama dia.
                “permisi rinda nya ada?” sahut gua
“ eh lo vin ada apa?” jawab rinda
“gua ada masalah dikit rin tolong bantu masukan ya?” jawab gua
“ soal kopi lagi vin?” tebak si rinda
“ iya rin, jadi gini gua dapat taruhan disuruh bikin robusta yang menurut gua enak tapi kalau bikinan gua nggak enak gua nggak bakal dapatduiy 100 juta sama posisi barista gua jadi taruhan nya” jawab gua
“gile lo vin lo taruhan sama siapa?” sahut rinda
“sama pak surno pemilik kedai langganan gua itu” sahut gua
“ wah lo harus mikir deh vin” jawab rinda
“tapi gua jadi tertantang rin”jawa gua
“ini nih yang nggak gua suka lo itu keras kepala tapi gua bakalbantuin lo”sahut rinda
“ thanks rin lo emang the best, ok gua balik dulu”jawab gua
“ eh vin semangat gua bakal bantu sampai lo bosen” teriak si rinda

                Gua pun jadi mikir kenapa si rinda ma bantuin gua? Apa gara-gara kedai ini atau dia punya rasa ke gua?
Kalau nebak-nebak gini nggak ada habis nya ntaran aja gua tanya ke rinda.
Terus gua juga mikir ngapain juga mikirin si rinda yang  nggak jelas gitu sikap nya ke gua?
                Nah berhubung gua juga mikir gimana bikin kopi robusta yang komposisi nya pas itu gimana.
Awal gua nilai kopi itu dari passion nya Cuma cairan hitam.
 Dan setelah gua tau kopi itu benar-benar tau perasaan sang penikmat atau orang yang membuat kopi tersebut, dan kopi itu enak atau tidak tergantung pembikin nya juga.
Karna kopi juga paham bagaimana perasaan kita ( seperti yang gua jelaskan di bab 2)
Toh menurut gua semakin kita kenal kopi seperti hal nya kita menengal orang dari sikap dan perasaan nya karena kopi berbeda-beda dari segi biji dan metode pembuatan.
Kopi dan latte art itu dalam proses pembuatan sangat berbeda dari berbagai sisi.
Contohnya latte art susah di segi foam nya karna kalau busa yang kita hasilkan kurang maka itu 15% adalah kesalahan kita karena kita kurang teliti dan kompotitif.
Dari biji kopi pun hal nya tidak beda jauh tapi beda nya hanya segi pembuatan kalau pelanggan ingin kopi yang asam bisa pesan metode V60n karna rasa asam nya lebih terasa dan pahit nya pas.
(tanpa gula)
Toh kopi hanya kopi nggak lebih kan? Hanya orang tidak paham soal kopi.
Dan orang yang faham soal kopi akan membantah hal itu karena kopi mencerminkan perasaan dan sikap orang.
Contoh yang jelas saja lah orang yang ngopi pasti suka kopi atau pecinta kopi akan tau rasa dan perasaan sang barista.
Kebalikan nya orang yang tidak suka ngopi dan menikmati kopi pasti tidak akan tau hal tersebut.
 Yap kopi dan sikap gua hampir nggak beda.
                Sore itu pun gua berfikiran kenapa gua nggak ngajak si rinda keluar?,gua coba kerumahnya deh
 Pas gua di depan rumah nya rinda lagi di teras.
“ rin? Lo mikirin apa?” tanya gua
“eh lo vin” si rinda kaget
“rin keluar yuk mau?” tanya gua
“ ok ayo tapi ke kedai lo aja ya gua mau bikin latte art sekalian lo bikin robusta yang enak buat gua.” Sahut si rinda
“ wah lo nantangin gua ini?” tanya gua
“ udah langsung ke kedai lo aja.”

                Gua sama si rinda langsung ke kedai.
Waktu dijalan gua liat wajah nya si rinda entah kenapa dia manis banget.
Gua jadi baper gini ke rinda padahal gua harus fokus sama tujuan gua.
Dan sesampai gua di kedai kesayangan gua, gua pun langsung mikir.
Kenapa gua sampai suka sama si rinda ini? Gua Cuma anggap si rinda partner gua doang.
 Gua pun mikir apa salah nya coba kalok gua fokus sama karir gua?
 Iya dalam arti di kedai gua ini?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

prolog