Tiga



Tiga
   Empat tahun kemudian...
Gua bener-bener nggak nyangka bakal jadi barista.
Dulu menurut gua itu Cuma hanyalan gua yang terlalu jauh buat pecinta kopi.
Gua pun sama temen gua yaitu rinda langsung pulang ke bogor.
Sesampai nya gua di bogor gua langsung nyamperin orangtua gua
“ma pa calvin sudah lulus dan sekarang mau bikin kedai sama temen calvin” sahut gua
“ sukses vin lakukan yang terbaik” sahut papa gua
Gua pun merasa senang karna gua dapet dorongan dari orang tua gua.
Sesudah itu gua pun ke rumah tito dan sesampai gu disana ternyata si tito lagi ngopi di kedai yang kita biasa kesana.
“ oey to ngapain lo disini sendiri? Sahut gua
“ eh gile lo udah balik? Pas empat tahun bro” teriak si tito
“ yoi bro gua udah balik gimana lo udah selesai kuliah?” tanyta gua
“ udah vin kalok lo gimana?” jawab si tito
“ udah to ini gua mau bikin kedai kopi sama temen gua yang di jakarta” sahut gua
“ gile lo vin udah masalah keuangan gua aja yang pegang, gua kan kuliah ekonomi” sahut tito
Setelah gua ketemu si tito nggak sengaja gua nabrak cewek dan gua nggak pernah lupa sama itu face nya.
Yaitu si Mella cewek yang gua suka di kelas dulu 4 tahun yang lalu.
Dia masih inget gua nggak?
“ lo mella kan? Inget gua?” tanya gua
“vin gua inget lah lo anak yang gua tunggu 4 tahun kan? Lama banget sih bodoh!” teriak si mella
  barista nggak gampang mel, gua kangen banget sama lo, lo udah punya pacar sekarang?” tanya gua
“ barusan putus gua vin” jawab mella sambil murung
“ eh gua ada kerjaan buat lo mau? Jadi kasir di kedai gua” sahut gua
“ wii keren lo vin jadi beneran buka kedai? Mau dong vin.” Sahut si mella
Nggak lama setelah gua ketemu si tito sama mella.
Nggak mala kemuadian gua ngajak mereka ketemu sama si rinda buat ngobrolin soal kedai impian gua ini.
Tapi apa gua terlalu berlebihan juga? Maksud nya memaksakan buat bikin kedai kopi impian gua?
Sempet mikir dua kali buka kedai ini.
Karena gua belum tentu mikir kedai ini bisa maju apa nggak.
Dan setiap usaha pasti ada pasang surut nya.
Tapi setelah gua ketemu sama si rinda perhitungan gua nggak sama kayak si rinda.
“ gua pengen nya kopi rin bukan latte art lo tau lah posisi gua” teriak gua ke rinda
“gua paham vin tapi kalau hanya kopi daya tarik kedai lo nggak bisa maju fikir sampai situ” jawab si rinda
“kalau kita pasang latte art maka seni kopi nya bakalan hilang rin lo tau kan anak muda sekarang hanya bisa menikmati gambar bukan rasa” jawab gua sambil emosi
“ vin lo gila banget ya ingin nya buka kedai kopi sampai segitu nya gua suka gaya lo” sahut si rinda
“ gila gila mulut lo peyang, jadi gimana jangan debat mulu apa kita banyakin kopi nya daripada latte art nya?” jawab gua sambil bingung
“ gini aja vin kita bikin cafe tapi isinya khusus kopi? Tapi masih ada camilan nya?” usul si rinda
“ yakin lo rin? Terus kedai kita harus di rubah ulang dong?” jawab gua
“ yoi vin gimana?” tanya rinda
“ kasih gua waktu buat mikir rin 2 hari”jawab gua sambil pergi

Nggak lama setelah itu gua jarang komunikasi sama si rinda.
Gua mau nya tuh kedai bukan cafe paham nggak sih tuh anak.
  Sementara itu si tito sama si mella lagi nungguin gua di halam rumah.
 “ vin lo kenapa murung gitu?” sahut si mella
“ yoi bro lo kenapa?” tanya si tito
“ eh lo siapa sok akrab sama si calvin?” tanya mella ke tito
“ gua sahabat nya” jawab tito cuek
“ sahabat dari mana?” jawab mela penasaran
“ cerewet banget sih lo emang lo siapa?” sahut tito
“gua mella teman sekelas tito waktu SMA” jawab mela
“ hah dia vin yang dulu lo ceritain?” teriak tito
“ diem dulu to gua lagi mikir buat konsep kedai gua, gak bisa diem awas lo” jawab gua tegas
“ siap bos ada yang bisa saya bantu? Sahut tito cengengesan
“ eh vin gimana kalok konsep nya kita bikin kayak warung di desa gitu?” sahut mella
“ desa ya mel? Iya gppa sih terus gimana kelanjutan nya? “ sahut gua
“telfon rinda vin” sahut tito dan mella
  Setelah gua ngobrol sama mereka berdua gua pun nyamperik si rinda kerumahnya.
“ rin tanpa basa basi besok kita mulai project kedai gua, kedai dan bukan cafe paham?” sahut gua
“ lo itu ya vin keras kepala tapi gua suka” sahut mella sambil ketawa
 Gua pun langsung cabut ke rumah.
Gua udah capek buat ngobrol soal kedai ini gua pengen ngopi buatan gua sendiri.
Gua ge dapur, gua giling kopi gua sendiri.
Entah apa perasaan gua yang campur aduh tapi rasa kopi nya ini tajem banget.
 Filosofi kopi Excelsa arjuno menurut gua “ aroma pas dan rasa yang menusuk di lidah itu sensasi tersendiri sperti kita menangkap durian dengan tangan kosong”
Entah setiap gua ngerasain kopi ada aja filosofi yang keluar dari mulut gua.
And then gua nggak pernah bercanda soal kopi.
 Setelah gua minum kopi buatan gua sendiri kadang gua masih belum puas?
Gua mau cari kopi yang bener-bener enak itu gimana?
Gua masih mikir dan gua tertantang untuk itu.
   Pagi itu gua bangun dari tempat tidur gua lansgung beranjak ke kedai buat bikin kopi yang menurut gua enak dan gua belum pernah nemuin itu sepanjang hidup gua.
Dan yang menurut mereka enak itu “capucinno latte art?”
Itu Cuma rasa manis.
 Buka kedai yang ada latte art nya? Nggak masalah sih menurut gua juga tapi gua takut nya nanti kebanyakan orang pesan latte art dan bukan kopi.
Terus gua belajar barista juga sia-sia dong.
Kopi iya kopi bukan latte art
 Setelah gua mikir sendiri soal ini gua minta bantuan sama si rinda.
  Esok nya gua langsung ngajak si rinda buat ketemuan di kedai yang biasa gua ngopi.
  Barista yang ada disana pun masih sama degan empat tahun yang lalu
“ bar masih inget gua? Kaya biasa ya” sahut gua
“bentar lo calvin kan”sahut si barista
“yoi bar gua sekarang udah jadi barista juga” jawab gua
“ ok vin gua bikinin toraja aja ya?” sahut barista
“ ok bar yang mantap” sahut gua
 Nggak lama kemudian si rinda datang dengan wajah bahagia entah dia kenapa?
“ he vin gua bahagia banget” sahut rinda
“ lo kenapa rin? Terus nama kedai kita apa?” tanya gua
“ nama kedai kita jangan yang macem2 vin coffe shop aja jadi disana nanti ada biji2 kopi sama latte nya gimana menurut lo?” tanya rinda
“ yakin lo? Coffe shop?”  gua nurut lo aja deh
“ ok vin besok kita sama temen lo itu muali bersih-bersih kedai lo dan gua cabut dulu ya” sahut rinda
 Setelah si rindah pergi gua pun masih nikmatin kopi toraja (Tubruk) filosofi ( kasar di permukaan tetapi rasa halus dan aroma lembut seperti harum parfum mu) ( jangan baper)
Gua pernah mikir kenapa gua nggak nyatain perasaan ke mella pakai kopi atau latte art?
 Setelah gua habis dari kedai kopi langganan gua, gua pun langsung ke kedai gua sendiri buat belajar bikin latte art.
Empat tahun yang lalu gua pernah di ajarin tapi nggak pernah gua perhatiin sama sekali.
Dan sekarang gua mau coba bikin latte art.
Waktu gua di kedai pun tito dateng.
“woy vin mau bikin apaan lo?” teriak tito
“ kampret lo to, gua mau bikin latte coba2” sahut gua
“wah makin keren aja lo vin buat mella ya?” tebak si tito
“ iya to gua mau ungkapin perasaan gua ke dia pakek ini” jawab gua
“ pikir2 dulu deh vin kayak nya dia nggak ada rasa sama lo” sahut tito
“ serois lo to?” jawab gua
“ serius vin, coba lo fikir empat tahun lo nggak disini dan lo selama disana deket kan sama si rinda?” tanya tito
“ iya sih to, terus gimana?” tanya gua
“ wah lo kalok masalah perasaan bingung ya bro” sahut tito
“ entah deh to yang penting gua mau bangun kedai ini dulu bantuin gua ya” sahut gua

Setelah gua ngobrol sama si tito gua pun masih mikir buat ugkapin perasaan ke mella.
Dan gua fokus ke kedai gua yang sekarang yang mau gua bangun sama rinda.
Walaupun gua fokus ke kedai ini se enggak nya fikiran gua masih tertuju ke mella sama rinda.
Masa si rindah suka sama gua”
 setelah gua mikirin itu pun si rinda main ke kedai gua
“ eh vin gua ada konsep ini” sahut rinda
“ eh rin sebenernya perasaan lo ke gua itu gimana?” tanya gua
“ hah? Gua suka sama prinsip lo” jawab rinda netral
“ lo nggak mau jadi cewek gua?” tanya gua
“eh vin gua cabut duluan ya” jawab tinda sambil wajah nya malu
 Nah dari situ gua mikir apa si rinda beneran suka sama gua? Selayaknyagua suka sama yag nama nya kopi?.
Tapi sekarang gua merasa dilema di kedai gua sekarang ada mella yang gua sukai dari SMA sama si rinda yang stay di samping gua dari empat tahun yang lalu.
  Rasa nya kayak gua disuruh minum kopi yang buah nya belum matang dan harus di makan ( bayangin sendiri tuh gimana rasa nya)
Dan sekarang gua udah nggak mau fikirin hal yang nggak penting kaya jalin hubungan yang nggak pasti?
Hubungan yang nggak pasti menurut gua kaya kita minum kopi yang dicampur teh rasanya bakal nggak enak bukan?
Dan gua masih mikir gimana ngenalin yag namanya kopi sama orang yang nggak suka apa itu kopi?
Apa harus dengan latte? Apa dengan kopii yang nggak asam? Atau pahit?
Tugas buat gua itu pertama bikin kopi yang paling enak dan yang kedua ngenalin kopi sama orang yang belum pernah nikmatin kopi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

prolog